Sejarah Server



Tahun 1989, Tim Berners-Lee mengajukan pada perusahaannya, CERN (European Organization for Nuclear Research) sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hiperteks. Sebagai hasil atas implementasi proyek ini, tahun 1990 Berners-Lee menulis dua program komputer:

sebuah peramban yang dinamainya sebagai WorldWideWeb;
server web pertama di dunia, yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.

Dari tahun 1991 hingga 1994, kesederhanaan serta efektifitas atas teknologi yang digunakan untuk berkunjung serta bertukar data melalui Waring Wera Wanua membuat kedua aplikasi tersebut diadopsi pada sejumlah sistem operasi agar dapat digunakan oleh lebih banyak individu, ataupun kelompok. Awalnya adalah organisasi penelitian, kemudian berkembang dan digunakan di lingkungan pendidikan tinggi, dan akhirnya digunakan dalam industri bisnis. Tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur pengembangan-pengembangan lanjut atas teknologi-teknologi terkait lainnya (HTTP, HTML, dan lain-lain) melalui proses standardisasi.
  
Pengertian Komputer Server
Komputer server adalah komputer yang ditugaskan oleh sipemilik komputer untuk menjadi server dan mengatur computer-kompuer client. Seperti halnya di dalam perusahaan, dimana komputer server tersebut diberi tugas untuk menyimpan hal-hal yang dibutuhkan komputer client.
Jadi dengan komputer server, apapun yang dibutuhkan oleh komputer client maka Komputer Server akan langsung memenuhinya, tidak dibatasi oleh, dan tidak dapat diakses oleh orang lain, hanya orang tertentu yang bisa mengaksesnya, missal pemilik computer server itu sendiri, maka dengan begitu data-data penting atau semacamnya tidak bakalan bocor ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.
Namun jika kita lihat dari segi fungsinya yang begitu besar, maka untuk merubah komputer menjadi Komputer Server, Komputer tersebut harus memiliki Spec yang mumpuni. Bukan Cuma prosesor dan RAM yang  besar, Hard Disk dan yg lain harus mendukung. Mengapa demikian? Karena Komputer Server harus selalu aktif karena Komputer server menjadi pintu utama manajemen jaringan yg Anda miliki. Seperti halnya komputer server web site, maka server tersebut harus selalu dan selalu aktif supaya pengunjung Web Anda tetap bisa mengaksesnya setiap saat. Sebaliknya Jika server web tadi dimatikan maka Web Anda tidak bisa diakses sama sekali oleh pengunjung.
Jadi intinya Komputer Server itu harus selalu menyala dalam waktu yang lama, maka perangkat keras komputer server harus memiliki daya tahan serta keandalan yang tinggi. Komputer server juga harus manpu bertahan pada suhu panas tinggi dan harus memiliki pembuang panas, karena pembuang panas ini salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan pada hardware komputer server, kenapa saya katakana penting? Karena akan membantu supaya Komputer Server tdk mengalami over-heating, hal ini juga bisa menurunkan prforma pada komputer server, ini di sebabkan karena terlalu lama menyala dan panas yang lumayan tinggi.
 


Spesifikasi Komputer Server
Komputer Server asli artinya Komputer yang memang dirancang sebagai komputer server bukan computer rumahan, memang lebih bagus jika kita bandingkan dengan Komputer rumahan yang kita jadikan sebagai Server. Namun untuk server sederhana, minimal spesifikasinya harus menggunakan prosesor minimal 2GH, Memori/RAM Minimal 8GB, Hard Disk minimal 200Gb atau sesuaikan saja dengan banyaknya data yang akan kita simpan. Bukan Cuma itu sebuah server juga harus menggunakan VGA dengan kapasitas yang cukup tinggi, paling tidak Anda menggunakan 1 GB untuk VGAnya dan kecepatan jaringan paling tidak 2×100 Mbps. Namun yang terpenting adalah sebuah modem.


Jenis – Jenis Komputer Server 
Server Aplikasi (Application server)
Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. 
Server Data (Data Server)
adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis datadan melayanikomputer atau program aplikasi  basis data yang menggunakan modelklien/server. 
Server Proxy (Proxy Server)
Berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.


Macam-macam komputer server

Server Virtual : adalah sebuah komputer fisik yang berkomitmen untuk permintaan  Pelanggang individu, dapat secara individual boot dan menjaga privasi komputer yang terpisah. Pada dasarnya, jarak antara share dan dedicated server berkurang memberikan kebebasan kepada pelanggan lain, dengan biaya kurang. Sekarang, ia telah menjadi mana-mana di pusat data.

Server Application: Juga dikenal sebagai jenis middleware, ia menempati sejumlah besar wilayah komputasi antara server database dan pengguna akhir, dan umumnya digunakan untuk menghubungkan keduanya.

Server Obrolan: Ini berfungsi pengguna untuk pertukaran data dalam lingkungan yang mirip dengan newsgroup internet yang menyediakan kemampuan real-time diskusi.

Server Audio / Video : Menyediakan kemampuan multimedia ke situs web dengan membantu pengguna untuk menyiarkan streaming konten multimedia.

Server Fax: Ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk organisasi yang mencari sumber daya minimum telepon masuk dan keluar, tetapi perlu dokumen fax yang sebenarnya.

Groupware Server: Ini adalah software yang dirancang yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui internet atau intranet perusahaan dan berfungsi bersama-sama dalam suasana virtual.

FTP Server : Ia bekerja di salah satu tertua dari layanan Internet, protokol transfer file. Ini menyediakan transfer file aman antara komputer sambil memastikan keamanan file dan kontrol transfer.

IRC Server : Ini adalah pilihan ideal untuk mereka yang mencari kemampuan real-time diskusi. Internet Relay Chat terdiri dari server jaringan yang berbeda yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung melalui jaringan IRC.

Mail Server : Ini transfer dan toko mail melalui jaringan perusahaan melalui LAN, WAN dan di Internet.

Daftar Server : Menyediakan cara yang lebih baik mengelola milis. Server dapat berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang memberikan pengumuman, buletin atau iklan.

Server Berita: fungsinya sebagai sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, didekati melalui jaringan berita USENET.

Telnet Server: Hal ini memungkinkan pengguna untuk log on ke komputer host dan menjalankan tugas sebagai jika mereka bekerja pada komputer remote.

Proxy Server : Ini bertindak sebagai mediator antara program klien dan server eksternal untuk menyaring permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan berbagi.

Web Server : Menyediakan konten statis ke web browser dengan memuat file dari disk dan mentransfer melalui jaringan ke web browser pengguna. Pertukaran ini adalah intermediated oleh browser dan server, berkomunikasi menggunakan HTTP.

Server Platform: Server platform adalah perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer dasar untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server. Hal ini sering digunakan secara sinonim dengan sebuah sistem operasi komputer.



Komentar

Postingan Populer